Penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak

Mau tau kenapa printer tidak bisa ngeprint dan apa penyebab printer gak bisa ngeprint ? nah..ditulisan kali ini saya akan berbagi info tentang cara mengatasi printer yang tidak bisa mencetak. Masalah ini dapat terjadi apabila kita masih awam dalam hal printer. Banyak masalah2 printer yang sering kita dengar, mulai dari printer Canon tidak bisa mencetak, printer Epson hasil cetaknya bergaris-garis atau belang-belang, tidak dapat menarik kertas, kertas nyangkut, tinta warna merah tidak keluar, lampu indikator berkedip-kedip dan muncul tuliusan error, hasil print berwarna kabur, printer tidak bisa di sharing dan masalah-masalah lainnya.
printer tidak bisa mencetak
Printer Canon MP600r

Untuk solusi mengatasi masalah-masalah diatas kita harus memiliki keahlian dalam memperbaiki printer, banyak video teknisi printer, panduan cara service printer, ebook tutorial belajar service printer sendiri dan lainnya. Dari sekian banyak ebook atau DVD Video Teknisi Printer yang dijual di Internet, saya sangat merekomendasikan kepada teman2 yang ingin memiliki keahlian memperbaiki sendiri printer kamu dengan mudah, produk lengkap ini terdiri dari DVD Video tutorial lengkap service printer dan ebook pendukungnya berupa rangkainan atau skema dari printer, jadi kita akan diajarkan untuk mengetahui dimana letak kerusakan yang terjadi, sehingga kita dengan mudah untuk menggantinya.

Kembali ke permasalahan diatas :) Kenapa printer tidak bisa ngeprint dan apa penyebab printer tidak bisa mencetak ? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan printer kita tidak dapat mencetak. Yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa bagian-bagian seperti berikut:
1. Coba kamu periksa kabel power printer, apakah telah terkoneksi dengan benar atau tidak.
2. Pastikan tombol pada power printer pada posisi ON menyala, kalau belum menyala, coba kamu ganti dengan kabel power yang lainnya.
3. Coba kamu periksa koneksi kabel data printer, apakah telah terhubung dengan benar di port pararel/port USB laptop atau komputer serta pada port printer.
4. Pastikan bahwa kamu telah menginstall driver printer.
5. Cobalah untuk mencetak sesuatu di aplikasi notepad, ketik apa saja, selanjutnya kamu coba cetak, apabila aplikasi notepad tersebut dapat mencetak, maka kemungkinan besar permasalahannya bukan pada printer.
6. Cobalah ubah settingan printer kamu menjadi Default Printer.
7. Pastikan kamu memiliki space hardisk yang cukup, apabila buffer tidak mencukupi, maka data tidak akan terkirim ke printer dengan sempurna.
8. Coba kamu ubah setting pada spooler untuk printer melalui menu properties printer. Fungsi fitur spooler ini digunakan agar kita dapat menjalankan aplikasi ketika sedang mengeprint.
9. Cobalah kamu cek apakah ada resource yang konflik dengan port printer. Kamu dapat menggunakan bantuan hardware troubleshooter bila terjadi konflik. Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh port laptop kamu sedang bermasalah. Untuk solusinya adalah cobalah untuk memindah koneksi port printer kamu ke port yang lainnya, misalnya USB1 ke USB3 atau coba printer di laptop lainnya.

Oke, demikian solusi cara mengatasi printer yang tidak dapat mencetak dokumen. Bagi teman2 yang ingin menjadi teknisi printer sendiri, atau dapat memperbaiki printer sendiri yang mengalami masalah, kamu dapat menonton Video tutorial reperasi printer terlengkap dan ebook pendukungnya. Untuk informasi detailnya tentang paket DVD komplit ini, kamu dapat melihat page berikut Belajar Teknisi Printer

Artikel lainnya:
Penyebab lampu printer berkedip
Cartridge printer Canon tidak terdeteksi
Cara memperbaiki printer yang tidak mau mencetak
Printer Epson L100 tidak bisa ngeprint
Cara mengatasi printer yang-berisik