ESR Meter : Alat Pemeriksa ELCO Langsung di PCB tanpa Cabut..!!

ESR Meter Adalah adalah alat sejenis OHM Meter, Alat ini dapat digunakan untuk mengukur besarnya “resistansi” dari sebuah ELCO. Untuk perbedaan ohm meter dengan ESR Meter ini adalah jika OHM Meter menggunakan Arus DC yang searah untuk menggerakkan meternya, sedangkan ESR Meter menggunakan arus AC (bolak-balik) dengan frekwensi 150Khz.

ESR (Equivalent Series Resistance) Meter ini dipasaran terbagi atas 2 jenis, yaitu ESR Analog dan ESR Digital. Untuk jenis analog kebanyakan orang merakitnya sendiri, untuk tutorial dan skema pembuatan ESR Meter analog sudah banyak dibahas di Internet.

Untuk harga ESR Meter Analog yang menggunakan jarum pastinya lebih murah dibanding dengan yang Digital. Harga ESR Meter dipasaran berkisar 90rb hingga 100rb, dan untuk Harga ESR Meter Digital sekitar 500ribuan kurang lebih.

ESR-Meter ini selain kegunaannya untuk memeriksa Elco juga dapat memeriksa flyback TV / monitor, Trafo, switcing, defleksi dan dapat digunakan untuk memeriksa Baterai Laptop, Baterai Handphone ataupun Baterai AKI.

Untuk lebih jelasnya, berikut kita simak Keuntungan Menggunakan alat ukut ESR Meter tersebut :

1. Fungsi utamanya adalah untuk melacak elco yang rusak langsung di papan PCB tanpa melepaskan atau mencabut elco tersebut. Dan pastinya dapat menghemat waktu.
2. Kita bisa mengetahui dengan jelas mana elco yang rusak dan harus diganti.
3. ESR meter juga dapat kita gunakan untuk memeriksa kualitas dari elco baru ataupun elco bekas. Kebanyakan kasus adalah seperti sudah diperbaiki sebuah perangkat elektronik, setelah itu rusak kembali hanya disebabkan karena elco baru yang dipasang ternyata kualitasnya tidak bagus.
4. Alat ESR-Meter ini sangat akurat tidak seperti OHM-Meter yang hasilnya kadang tidak tepat.
5. ESR-meter ini dapat kita gunakan untuk memeriksa flyback monitor atau TV yang short pada gulungan bagian primer (antara pin-B+ dengan pin-kolektor), serta dapat memeriksa defleksi yoke yang short dan dapat memeriksa bagian primer tranfo power yang short. Kita bisa mengeceknya langsung tanpa harus melepaskannya dari papan PCB.
6. Dan keuntungan ESR-meter lainnya adalah dapat digunakan untuk mengetahui apakah re-chargeable baterai handphone masih baik atau sudah rusak. Re-chargeable baterai yang sudah rusak biasannya nilai ESR-nya lebih besar jika dibanding yang masih bagus.

Cara penggunaan dari alat ukur ESR Meter ini adalah mengecek langsung kaki dari elco tersebut di PCB. Idealnya nilai ESR adalah nol OHM-ESR ( kalau dilihat ndi skalanya jarum penuh ke kanan seperti ohm meter ). Dari ilai ESR ini bisa kita jadikan petunjuk untuk melihat kualitas suatu kapasitor atau elco. Semakin kecil nilai dari ESR tersebut maka semakin baiklah kondisi kapasitor tsb dan sebaliknya semakin besar nilai dari ESR tersebut maka semakin buruklah kondisi kapasitornya. Nah,,kalau nilai ESR sudah tinggi sebaiknya kita harus menggantinya dengan yang baru.

Nah,,untuk mendapatkan ESR meter ini sekarang juga cukup mudah, selain kamu dapat merakitnya sendiri di rumah juga banyak kita di jual di toko speart part elektronik dan juga banyak dijual di internet!